Hukum Ekonomi Syari’ah

Prolog

Muamalah adalah salah satu bidang kajian fiqh yang membahas hubungan antara individu maupun komunal yang melingkupi persoalan harta, benda dan aturan-aturan yang menyertainya. Secara keilmuan, kajian kemuamalahan pada Program Studi Muamalah  difokuskan pada pengembangan  keilmuan dalam bidang hukum ekonomi syariah yang tertuang dalam naskah klasik (fiqh oriented) maupun berupa fatwa khususnya fatwa Dewan Syari’ah Nasional (DSN-MUI) yang kemudian didiversifikasi ke dalam format (calon) teoritisi maupun praktisi hukum ekonomi syariah.

Secara legal Prodi Muamalah berdiri di UNSIQ, pada tahun  1995 berdasarakan SK Menteri Agama No.  446 1995 tertanggal  20 September 1995, yang kemudian diperbaharui dengan SK Nomor  Dj. I/75/2004, tertanggal 16 April 2004, oleh pejabat penandatangan : A. Qadri Azizi.  Status terakhir : Terakreditasi B (324), dengan SK.  No. 030/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XII/2010.

Tujuan

Tujuan Program Studi (S.1) Muamalah adalah:

  1. Menghasilkan sumber daya manusia berderajad sarjana (S.1) Muamalah yang handal dan qualified dalam bidang Hukum Islam dan ekonomi Islam , memiliki moralitas Qur’ani, responsif terhadap perkembangan hukum di masyarakat dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan penguasaan hukum Islam
  2. Menjadi laboratorium pusat pengembangan Hukum Islam, terutama dalam bidang ekonomi Islam yang menghasilkan karya-karya bermanfaat bagi pelaku hukum dan masyarakat umum terkhusus untuk wilayah Wonosobo dan sekitar.
  3. Terjalinnya kerjasama yang sinergis dalam bidang pendidikan antara program studi Muamalah dengan masyarakat luas terkhusus dengan para pekerja professional dalam bidang ekonomi Islam